RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII KD 1.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Judul Bab : Good morning. How are you?
Materi Pokok : Menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya
Alokasi Waktu : 160 Menit
- Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Memahami struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”
- Media Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar
- Media: Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
- Alat/Bahan: Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
- Sumber Belajar: Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas VII, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
- Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
|
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”. |
|
|
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
|
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
|
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”. |
|
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”. |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”. |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Struktur Teks memulai dan menanggapi terkait “menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf”. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. Lihat Juga : Materi Bahasa Inggris Kelas 7 |
- Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
- Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
……….............……..,... Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.

Belum ada Komentar untuk "RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII KD 1.2"
Posting Komentar